Dinkes Depok Ajak Kolaborasi Lintas Sektor Sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional 2022

Dinkes Depok mengajak kolaborasi lintas sektoral meningkatkan capaian imunisasi melalui Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022.
Rabu, 06 Jul 2022 15:27 WIB Author - Miftahus Saadah Maulidiyah

Kota Depok, Jurnal Jabar Dinas Kesehatan (Dinkes) Depok menyosialisasikan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 yang dihadiri lintas sektoral pada Rabu (6/7). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi stakeholder terkait dalam mengurangi angka disparitas kekebalan anak dampak pandemi Covid-19.

BIAN jadi momentum yang tepat guna meningkatkan cakupan imunisasi dan menutup kesenjangan imunitas anak, tutur Sekretaris Dinkes Depok, Rani Martina.

Rani menjelaskan, pandemi Covid-19 berimbas pada meningkatnya jumlah anak yang belum diimunisasi maupun mendapat imunisasi lengkap. Hal ini kemudian menambah angka kasus Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) sehingga berpotensi menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Anak-anak yang belum lengkap atau sama sekali mendapat imunisasi lebih rentan terpapar virus maupun bakteri, katanya.

Sementara itu, beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, seperti campak, rubela, difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B dan polio.

Baca juga :