Dongkrak Ekonomi Desa, Pemprov Jabar Buat Program Desa Digital

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, bertekad mendongkrak ekonomi desa melalui program Desa Digital.
Rabu, 17 Nov 2021 11:55 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Kota Bandung, Jurnal Jabar Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, bertekad mendongkrak ekonomi desa melalui program Desa Digital. Ridwan mengatakan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa bisa meningkat jika masyarakatnya mampu menguasai teknologi digital.

Digital inklusif jangan sampai pintar digital hanya dikuasai orang kota. Jawa barat bertekad menjadikan Desa Digital sebagai unggulan, kata Ridwan saat menjadi pembicara Road to Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 secara virtual, Selasa (16/11), dilansir dari laman jabarprov.go.id.

Ridwan menjelaskan, lewat digital, akses informasi dan ekonomi terbuka lebar hingga ke dunia internasional. Apalagi, potensi dari ekonomi digital di Indonesia sangat besar.

Berdasarkan data Google, Temasek, dan Bain Company 2020, total ekonomi digital Indonesia pada 2020 adalah USD44 juta atau setara Rp631 triliun, dan akan meningkat pada 2025 menjadi USD124 atau setara Rp1.744 triliun.

Menurut Ridwan, potensi ini diperoleh dari tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 196,7 juta. Dari jumlah tersebut, 56 persen di antaranya berasal dari daerah rural atau pedesaan.

Baca juga :