Gali Potensi Daerah, Pemprov Jabar-Aceh Teken Kerja Sama 12 Sektor

Pemprov Jabar-Aceh menjalin kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik, Minggu (26/12).
Senin, 27 Des 2021 16:00 WIB Author - Dela Fahriana Havityaningtyas

Kota Banda Aceh, Jurnal Jabar - Pemprov Jawa Barat (Jabar) dan Pemprov Aceh menjalin kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik, Minggu (26/12). Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengungkapkan, ada 12 sektor kerja sama yang disepakati.

Sekarang sudah saatnya meningkatkan level kerja sama lebih kepada ekonomi seiring dengan Covid-19 yang sudah surut dan ekonomi yang harus bangkit, ujar Ridwan Kamil di Museum Tsunami Aceh, dilansir dari jabarprov.go.id.

Dari 12 sektor kerja sama, salah satu yang paling konkrit yaitu mendapatkan hak daerah terhadap pengelolaan energi. Terlebih Ridwan Kamil sendiri merupakan Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET). Terkait kerja sama itu, dua badan usaha milik daerah yaitu PT Migas Hulu Jabar (Perseroda) dan PT Pembangunan Aceh (Badan Usaha Milik Aceh) pun dilibatkan untuk menindaklanjutinya.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menyambut baik kerja sama ini. Nova menyebut, kerja sama antarprovinsi ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan oleh Pemprov Aceh.

Ini kerja sama antarprovinsi pertama kalinya yaitu dengan Jabar, ujar Nova.

Baca juga :