Gandeng Shopee, Jabar Siap Cetak 100 Ribu Eksportir UMKM

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berkolaborasi dengan Shopee meluncurkan Kampus UMKM Shopee.
Jumat, 06 Agst 2021 12:24 WIB Author - Lilien Wijayanti

Kota Bandung Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berkolaborasi dengan Shopee meluncurkan Kampus UMKM Shopee. Kampus UMKM tersebut merupakan wadah bagi pelaku UMKM untuk menyiapkan produknya menembus pasar ekspor.

Saya sangat berbahagia. Di sini revolusi ekspor dimulai. Kenapa revolusi ekspor? Karena bisnis rumahan itu sebenarnya bingung mau jualan ke luar negeri karena terkesan rumit dan harus perusahaan besar. Sekarang tidak. Bisnis skala kecil atau rumahan sekarang bisa ekspor, kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, saat meluncurkan Kampus UMKM Shopee, Kamis (5/8).

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya bersama Shopee akan membantu pelaku UMKM untuk mempersiapkan produknya go digital dan go global. Nantinya, pelaku UMKM akan dibimbing mengurus administrasi ekspor, memotret produk, dan teknik pergudangan.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan saat ini sudah ada 10.000 produk UMKM yang sedang disiapkan untuk ekspor.

Hari ini sudah ada 10 ribu produk yang akan difasilitasi untuk ekspor. Saya targetkan juga ke Kampus Shopee ini, tahun depan 100 ribu eksportir dari Jabar melalui fasilitas ini, tuturnya.

Baca juga :