Harga Tak Menentu, Pedagang Pakan Ternak di Cianjur Mengeluh

Pedagang pakan ternak di Cianjur mengeluhkan harga pakan yang mengalami kenaikan. Bahkan, harga dari distributor pun tidak menentu.
Rabu, 28 Nov 2018 15:47 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

CIANJUR - Pedagang pakan ternak di Cianjur, Jawa Barat (Jabar) mengeluhkan harga pakan yang mengalami kenaikan. Bahkan, harga dari distributor pun tidak menentu setiap harinya.

Salah seorang pedagang pakan Irman (46) mengatakan, harga pakan ayam premium saat ini dijual Rp400.000 dari sebelumnya Rp350.000 per karung atau setara dnegan 50 kilogram (Kg). Sedangkan harga pakan ikan pabrikan Charoen Phokphand mencapai Rp400.000 dari sebelumnya hanya Rp300.000 per karung atau 50 Kg.

Kondisi tersebut dikeluhkan mengingat Cianjur merupakan daerah potensial bisnis peternakan. Terbukti banyak warga dan pendatang yang menginvestasikan modalnya pada sektor tersebut.

Sejak tiga bulan lalu sudah terjadi kenaikan harga pakan dari tingkat agen atau distributor. Namun, pekan ini harga tidak menentu dan terus merangkak naik, kata Irman di Cianjur, Rabu (28/11).

Perkarung kami mendapat keuntungan Rp100.000. Namun, sejak tiga bulan terakhir kami sulit mendapat keuntungan. Pasalnya, harga beli hari ini akan berbeda pada esok hari, ucapnya.

Baca juga :