HMS Center: Pemerintah Harus Tegas Larang Mudik Lebaran

Konsistensi pemerintah dipandang perlu dalam menerapkan kebijakan soal larangan mudik lebaran, dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.
Senin, 11 Mei 2020 10:00 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Ketua Umum Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS) Center, Hardjuno Wiwoho, menyatakan perlu konsistensi pemerintah dalam menerapkan kebijakan soal larangan mudik lebaran dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Saya kira demi menekan persebaran virus corona ke daerah maka pemerintah harus bersikap tegas untuk melarang aktivitas mudik Lebaran. Jangan bersikap ambigu dan inkonsisten, kata Hardjuno dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/5).

Saat ini, lanjut Hardjuno, sering mencuat pandangan berbeda bahkan berseberangan antarpejabat pemerintah pusat, serta aturan mudik yang berubah-ubah sedang mengemuka di ruang publik.

Saya melihat, persoalan elementer saat ini, tidak konsistennya kebijakan satu sama lain, ujarnya.

Hardjuno berharap pemerintah segera memperbaiki koordinasi lintas sektoral yang belum selaras. Hal ini disebabkan manajemen pengelolaan mudik tidak berbasis data yang akurat. Akibatnya terjadi tumpang tindih kebijakan antarinstansi terkait.

Baca juga :