Jawa Barat Belum Terbebas Penyakit Rabies

PDHI Jawa Barat (Jabar) II menyatakan provinsi Jabar belum terbebas dari penyakit rabies yang ditularkan hewan ke manusia. 
Minggu, 17 Feb 2019 12:36 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BOGOR - Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Barat (Jabar) II menyatakan provinsi Jabar belum terbebas dari penyakit rabies yang ditularkan hewan ke manusia.

Koordinator Humas PDHI Jabar II Dokter Hewan Ika Priskayati mengatakan, penyakit rabies sering dialami anjing atau kucing dan merupakan penyakit berbahaya yang menular dari hewan itu serta bisa berunjung kematian bagi manusia yang terkena virus rabies.

Kami konsen vaksinasi rabies pada hewan, seperti anjing dan kucing karena wilayah di Jawa Barat belum terbebas dari penyakit rabies. Ini untuk jangka panjang Indonesia bebas rabies, kata Ika di Bogor, Minggu (17/2).

Meski demikian, kata dia, pihaknya belum memiliki data jumlah penderita di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, serta Kota Depok yang meninggal karena rabies. Menurutnya, penularan virus dapat melalui gigitan, dan luka kulit terkena air liur hewan yang menderita rabies.

Persentasi bahaya rabies yang ditularkan anjing bisa 90 persen ke manusia dan kucing hanya 10 persen saja, ucapnya.

Baca juga :