Kenalkan Budaya Sunda, Disparbud Jabar Giatkan Pertunjukan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat terus menggenjot untuk mengenalkan budaya sunda kepada generasi milenial.
Senin, 05 Agst 2019 15:33 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat terus menggenjot programmengenalkan budaya sunda kepada generasi milenial. Salah satu caranya adalah mengemas budaya dalam bentuk pertunjukan kesenian.

Selain menjadi daya tarik wisata, seni pertunjukan diharapkan menumbuhkan ketertarikan generasi muda atau milenial melestarikan budaya lokal, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik, Senin (5/8).

Dedi mengatakan, keseriusan pihaknya dalam mengenalkan budaya kepada generasi milenial diwujudkan dengan menggelar opera legenda kolosal Ciung Wanara. Opera itu berlangsung di teater tertutup Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), Kota Bandung pada Rabu, 31 Juli 2019.

Opera yang disutradarai oleh seniman besar Sunda, Bambang Arayana Sambas ini melibatkan 82 penari muda dan anak-anak tingkat SD hingga mahasiswa. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah pelestarian budaya lokal di kalangan generasi milenial.

Di satu sisi seni pertunjukan jadi agenda pariwisata, tapi di sisi lain menjadi sarana edukasi untuk kaum milenial. Karena kami melibatkan mereka secara langsung baik sebagai pementas tapi juga penonton, kata Bambang.

Baca juga :