Pemkab Bekasi Tangani Longsoran Sampah di TPA Burangkeng

DLH Kabupaten Bekasi terus melakukan pengerukan dan pembenahan pasca longsor gunungan sampah di TPA Burangkeng.
Rabu, 12 Okt 2022 16:50 WIB Author - Vixki Zenarta Eka Putri

Kabupaten Bekasi, Jurnal Jabar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi terus melakukan pengerukan dan pembenahan pasca longsor gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng. DLH Kabupaten Bekasi menurunkan alat berat dan mengerahkan petugas dari 6 UPTD Kebersihan untuk membersihkan sampah yang longsor.

Ya, hingga saat ini kami terus melakukan pengerukan di lokasi longsor dengan alat berat, kami juga mengerahkan seluruh petugas dari 6 UPTD Kebersihan untuk membantu proses pengangkutan, kata Plt. Kepala DLH Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, Selasa (11/10).

Longsoran sampah tersebut diduga terjadi akibat landfill TPA Burangkeng yang melebihi kapasitas dan jarak bibir sungai dengan sampah sangat dekat, sehingga menyebabkan tanah mengalami abrasi.

Rahmat menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus melakukan berbagai upaya untuk mengurangi volume sampah di TPA Burangkeng. Pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan untuk pengolahan sampah.

Kami akan bekerjasama dengan PT Indocement. Dari sampah yang telah diolah, selanjutnya akan dijadikan sumber energy bahan bakar Refused Derived Fuel (RDF), tambahnya.

Baca juga :