Pemkot Bekasi Aktifkan Kembali RW Siaga

Pemkot Bekasi mengaktifkan kembali Rukun Warga (RW) Siaga dalam merespons lonjakan kasus Covid-19.
Selasa, 08 Feb 2022 14:18 WIB Author - Dela Fahriana Havityaningtyas

Kota Bekasi, Jurnal Jabar Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengaktifkan kembali Rukun Warga (RW) Siaga dalam merespons lonjakan kasus Covid-19. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya rapat koordinasi (Rakor) daring yang dilakukan Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, bersama Sekretaris Daerah (Sekda) dan ketua RW se-Kota Bekasi, Senin (7/2).

Dalam kegitan ini, Plt. Wali Kota Bekasi menyoroti peran ketua RW dalam penegakan protokol kesehatan (Prokes). Tri menilai, para ketua RW dapat mengecek penerapan Prokes warganya dan mengubah balai RW/posko RW menjadi tempat isolasi mandiri jika terdapat warga yang terpapar Covid-19 atau pembludakan kasus aktif.

Ditegaskan kepada camat beserta stakeholder sampai dengan ketua RW agar melakukan analisa dan evaluasi rutin kasus Covid-19, kerumunan massa, dan bagian-bagian yang tinggi resiko peningkatan kasus Covid-19, serta melakukan upaya persuasif Prokes secara humanis, papar Plt. Wali Kota Bekasi, dilansir dari bekasikota.go.id.

Ia juga menambahkan, agar para ketua RW/RT dapat segera mengonfirmasi jika ada warga yang terindikasi Covid-19. Lalu, segera berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

Kemudian mengenai vaksinasi, Plt. Wali Kota mengarahkan agar Pemkot memprioritaskan para Lansia. Ia juga mengajak seluruh pihak bekerja sama dalam penguatan vaksinasi dan penanganan Covid-19 ini.

Baca juga :