Pemkot Usul Ada Jalur Motor di Tol Dalam Kota Bandung

Pemkot Bandung mengusulkan pembuatan jalur khusus sepeda motor di ruas Tol Dalam Kota yang terhubung dari Pasirkoja hingga kawasan Pusdai.
Jumat, 25 Jan 2019 15:58 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat (Jabar) mengusulkan pembuatan jalur khusus sepeda motor di ruas Tol Dalam Kota yang terhubung dari Pasirkoja hingga kawasan Pusdai Jabar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan, Tol Dalam Kota Bandung rencananya akan mulai dibangun tahun ini. Menurutnya, usulan untuk jalur motor telah disampaikan tetapi belum ada jawaban, apakah diakomodir atau tidak.

Kami sedang mengkaji aturan sepeda motor berkendara di lajur tol dalam kota. Aturan tersebut dimaksudkan agar masyarakat pengguna sepeda motor bisa menikmati fasilitas tol, kata Arif di Bandung, Jumat (25/1).

Berdasarkan pembicaraan awal pembuatan jalur khsusus motor, Arif mengaku sulit untuk direalisasikan. Pasalnya, dibutuhkan Right Of Way (ROW) atau lebar jalan yang cukup besar.

Jika dilihat kemarin itu rencananya untuk dua lajur mobil saja 12 meter, itu kali dua berarti 24 meter. Ditambah motor amannya empat meter dikali dua jadi delapan. Berarti ROW yang dibutuhkan sekitar 32 meter, ungkapnya.

Baca juga :