Pengamat: Jokowi Semakin Condong ke Ganjar

Meskipun satu partai dengan bacapres Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi kerap diisukan mendukung Prabowo Subianto.
Senin, 02 Okt 2023 15:17 WIB Author - Tim redaksi

Momen-momen kebersamaan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI-P di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9), dinilai sarat dengan isyarat politik.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmadmengatakan Jokowi sengaja mempertontonkan keakraban dengan Megawati dan Ganjar. Secara tersirat, Jokowi juga mengindikasikan dukungan politiknya mengerucut kepada Ganjar.

Jokowi sempat menggandeng Mega bersama dengan Ganjar. Jokowi juga menyebut secara eksplisit Ganjar nanti kalau sehari setelah dilantik langsung bekerja ke dalam ketahanan pangan. Menurut saya, Jokowi ingin membantah asumsi dan dugaan sejumlah orang ini dukungan Pak Jokowi bukan ke Ganjar, kata Saidiman saat dihubungi, Sabtu (30/9).

Dalam rakernas itu, Jokowi sempat tertangkap kamera tengah membisikkan sesuatu kepada Ganjar. Saat memberi sambutan, Jokowi mengaku berpesan agar Ganjar segera menggarap isu kedaulatan pangan jika terpilih jadi presiden pada 2024 mendatang.

Sikap yang ditunjukkan Jokowi kepada Megawati dan Ganjar di rakernas itu, lanjut Saidiman, merupakan sinyal komitmen bahwa Jokowi sejalan dengan kebijakan PDI-P yang telah resmi mengusung Ganjar. Pernyataan itu sekaligus menepis anggapan hubungan Jokowi, Megawati, dan Ganjar tengah renggang.

Baca juga :