Sampah Bisa Jadi Alat Tukar di Road To West Java Festival 2023

Tempat penukaran berupa bank sampah tersebut disediakan Pemprov dalam kolaborasi dengan Bank Sampah Bersinar (BSB).
Senin, 10 Okt 2022 16:06 WIB Author - Lady Marietha Theresa Noge

Kota Bandung, Jurnal Jabar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) membuka kesempatan bagi warga untuk menukarkan sampah anorganik mereka dengan voucher belanja di Road To West Java Festival 2023.

Tempat penukaran berupa bank sampah tersebut disediakan Pemprov dalam kolaborasi dengan Bank Sampah Bersinar (BSB). Pengunjung dapat mengumpulkan dan menyetorkan sampah anorganik hingga sampah elektronik dan masker.

Selain voucher belanja, hasil penukaran sampah warga bisa langsung ditransfer melalui e-wallet, LinkAja, rekening pribadi hingga digunakan sebagai alat transaksi pada even tersebut. Jenis yang disetorkan adalah sampah anorganik, seperti bekas botol minuman plastik, plastik bening, logam, kaca dan kertas. Disediakan pula dropbox untuk membuang sampah elektronik hingga masker.

Selain sebagai upaya Pemprov menanggulangi sampah, skema penukaran ini bertujuan untuk menjadikan acara Road To West Java Festival sebagai less waste event.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, mengajak pelaku usaha di Road To West Java Festival 2023 maupun pengunjung untuk bertanggung jawab atas sampah-sampah yang mereka produksi selama even berlangsung.

Baca juga :