Satu-satunya di Indonesia, Kabupaten Bogor Miliki Sekolah Pemerintahan Desa

Pemkab Bogor menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Indonesia yang memiliki program Sekolah Pemerintahan Desa.
Kamis, 09 Feb 2023 13:13 WIB Author - Serabella Berlianti Annora

Kabupaten Bogor, Jurnal Jabar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Indonesia yang memiliki program Sekolah Pemerintahan Desa bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, program ini sebagai upaya mempercepat pembangunan desa.

Ini upaya kita untuk mempercepat pembangunan desa dengan ilmu yang mereka dapat melalui program Sekolah Pemerintahan Desa ini, terang Iwan saat menghadiri wisuda peserta Sekolah Pemerintahan Desa angkatan II di IPB, Rabu (8/2).

Lebih lanjut, Iwan menegaskan kepada seluruh kepala desa (kades) untuk tidak melakukan pergantian aparatur desa jika terjadi pergantian kades. Terutama aparatur desa yang telah mengikuti Sekolah Pemerintahan Desa.

Supaya mengikat langkah kami, akan dituangkan dengan peraturan. Kita sudah capek-capek menyekolahkan dan mendanai, pas ganti kades ganti juga aparaturnya. Itu tidak boleh terjadi, mereka adalah investasi dan SDM desa yang sangat potensial, jadi jangan sampai diganti, tegasnya.

Iwan mengungkapkan, Pemkab Bogor akan kembali menyelenggarakan Sekolah Pemerintahan Desa untuk angkatan III pada tahun 2023 ini.

Baca juga :