Terdampak 3 Bencana Alam, Ratusan Warga Cibadak Mengungsi

Ratusan warga di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) memilih mengungsi usai terdampak tiga bencana sekaligus.
Selasa, 29 Jan 2019 22:21 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

SUKABUMI - Ratusan warga di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) memilih mengungsi usai terdampak bencana tanah longsor, pergerakan tanah, dan banjir.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman mengatakan, dari ratusan warga yang mengungsi sebagian kembali ke rumahnya. Namun, saat hujan deras melanda mereka biasanya akan mengungsi kembali ke tempat yang lebih aman.

Dari hasil pendataan yang kami lakukan ada 436 jiwa yang mengungsi dari 52 kepala keluarga yang memilih mengungsi karena khawatir terjadi bencana susulan, kata Eka di Sukabumi, Selasa (29/1).

Untuk membantu para pengungsi, BPBD Kabupaten Sukabumi mendirikan tenda darurat di lokasi tidak jauh dari permukiman warga tetapi aman dari bencana tanah longsor dan banjir di Desa Neglasari. Jika sewaktu-waktu warga memilih mengungsi karena khawatir terjadi bencana susulan, maka dapat langsung menuju tenda pengungsian yang sudah disediakan.

Selain itu, bantuan darurat pun sudah disalurkan mulai dari makanan cepat saji dan kebutuhan lain.

Baca juga :