Tiga Desa Masih Rawan, Warga Sukajaya Akan Direlokasi ke Tempat Aman

Pengungsi dari tiga desa tersebut akan direlokasi ke desa paling terdekat, yang lokasinya dinyatakan aman.
Selasa, 04 Feb 2020 13:00 WIB Author - Rina Suci

SUKAJAYA - Bupati Bogor, Ade Yasin, menyebutkan hasil kajian ahli menyatakan bahwa tiga desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor rawan longsor susulan. Sehingga warga korban bencana direlokasi ke tempat lain.

Tiga desa itu Pasir Madang, Cileuksa, dan Cisarua tidak bisa jadi tempat relokasi. Akan ditolak oleh PUPR kalaupun kami ajukan, ujarnya saat menyambut kunjungan Presiden Jokowi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Senin (3/2).

Kajian wilayah di Sukajaya itu dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Badan Geologi.

Meski belum menetapkan secara pasti lokasinya, menurut wanita yang menjabat sebagai Ketua DPW PPP Jawa Barat itu, pengungsi dari tiga desa tersebut akan direlokasi ke desa paling terdekat, yang lokasinya dinyatakan aman.

Ia mengatakan, para pengungsi yang kini masih tinggal di hunian sementara (huntara), segera direlokasi ke hunian tetap (huntap), yang fisiknya akan dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca juga :