Edukasi Gigi Cegah Karies dan Rumpang

Ibu memiliki peran penting menjaga kesehatan gigi anak, agar tak karies (berlubang) dan rumpang (ompong).
Senin, 18 Nov 2019 17:00 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Penanggung jawab program Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), drg. Lia Kartika Wulansari, menyatakan ibu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak.

Para ibu perlu diberikan informasi dasar tentang periode dan fase pertumbuhan gigi susu dan gigi tetap, serta macam-macam penyakit gigi dan mulut, terutama karies (gigi berlubang), kata Lia di Kampus UI, Senin (18/11).

Ia mengatakan, karies jika tidak dirawat dapat menyebabkan rumpang atau kehilangan gigi.Oleh karena itu, edukasi mengenai pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut.

Serta, pentingnya penggantian gigi yang hilang dengan gigi tiruan, perlu ditekankan kepada para ibu sebagai penggerak keluarga.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan gigi dan mulut masyarakat, lima dosen dan enam mahasiswa Departemen Prostodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) bertajuk: Pentingnya Kesehatan Gigi Anak dan Penggantian Gigi Hilang.

Baca juga :