PERGIZI PANGAN: Bukan Pangan Sehat Tapi Pangan Aman

Pangan sehari-hari adalah hal yang sangat penting untuk semua orang. Tetapi, tidak semua bahan pangan atau makanan dapat dikatakan sehat.
Senin, 05 Agst 2019 13:48 WIB Author - Rina Suci

NUSA DUA, BALI - Pangan sehari-hari adalah hal yang sangat penting untuk semua orang. Tetapi, tidak semua bahan pangan atau makanan dapat dikatakan sehat.

Hardiansyah selaku Kepala PERGIZI PANGAN Indonesia, sekaligus Ketua Asian Congress of Nutrition 2019, dalam acara Asian Congress of Nutrition menjelaskan bahwa dalam kesehatan Gizi, tidak ada istilah Healthy Food melainkan disebutPangan Aman.

Soal Healthy Food itu kan terkait regulasi, dan juga dari Badan POM, jadi nggak ada istilah pangan sehat (healthy food) yang ada itu sebutannya pangan aman, bergizi dan berkualitas kalau diracik sesuai kebutuhan gizi. Yang juga manfaatnya bisa membuat sehat, maka dia sehat, pangan sehat (healthy food) hanya ada di ASI, karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, kata Hardiansyah di Westin Hotel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (5/8).

Pangan sehat (healthy food) hanya ada di ASI, karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya hanya memiliki wewenang berupa regulasi. Selain itu, kategori dari pangan sehat ialah pangan yang bebas dari cemaran, baik secara kimia, mikrobiologi, zat renik. Dalam hal ini, terpenting dari pangan aman yang fungsinya dapat memenuhi kebutuhan harian.

Baca juga :