Solusi Pekerja Inaktif, Dokter Listya Ciptakan Kinesia

Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, Sp.KO merancang sebuah alat olahraga, untuk latihan fisik pekerja dengan posisi duduk. Begini infonya.
Jumat, 05 Jul 2019 11:01 WIB Author - Rina Suci


DEPOK - Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, Sp.KO merancang sebuah alat olahraga, untuk latihan fisik pekerja dengan posisi duduk, tanpa harus meninggalkan meja kerja pada jam kerja.

Model alat latihan kardiorespirasi berbasis pijak kaki ini bernama Kinesia, kata Listya di kampus UI, Jumat (5/7).

Ia menambahkan, bawah aktivitas fisik merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan tingkat kebugaran kardiorespirasi. Ia menjelaskan bahwa tingkat daya tahan kardiorespirasi yang rendah, telah diketahui sebagai faktor risiko penyakit jantung koroner, dan kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Listya mengharapkan, Kinesia dapat menjawab tantangan tersebut, dan menjadi solusi pada pemodelan latihan fisik berbasis tempat kerja.

Hal ini dapat mendukung tubuh untuk senantiasa aktif, dan mempertahankan kebugaran jasmani di tempat kerja. Sehingga dapat mencapai titik produktivitas yang diharapkan.

Baca juga :