Tegukan Kopi Penghasil Laba

Bisnis kedai kopi bukan melulu soal hobi atau keinginan. Ada triknya agar langgeng dan untung.
Selasa, 01 Okt 2019 20:00 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Tren mengonsumsi es kopi susu, membuat orang berlomba-lomba untuk mendirikan kedai atau gerai kopi. Namun, jika tidak memiliki keunikan, bisa jadi bisnis tersebut perlahan mati.

CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, berbagi tips untuk memulai bisnis kedai kopi. Menurut Edward, hal pertama yang harus dipikirkan adalah ide original atau sesuatu yang khas untuk merek yang akan dibangun.

Jangan membuat sesuatu yang mirip-mirip saja, kayak boba gitu kan tiba-tiba banyak banget. Kenapa bisa bangkit kembali? Karena pakai gula aren misalnya, tahu-tahu lebih laku dari brand boba yang lain. Diferensiasi sangat penting untuk membuat bisnis, kalau enggak different ya sangat sulit untuk sukses, ujar Edward ditemui dalam perayaan Hari Kopi Sedunia di Jakarta, Selasa (1/10).

Pemilihan nama merek dagang pun dianggap sangat penting untuk diperhatikan. Setidaknya nama tersebut harus yang mudah diingat dan memiliki keterikatan dengan calon pelanggan.

Ya kalau misalnya saya kasih nama Kopi Edi misalnya pakai nama saya, kan enggak semua orang bisa related. Kalau Kopi Kenangan, siapa sih yang enggak punya kenangan sama mantan? Jadi semua orang bisa related. Misalnya Kopi Mantan (menu Kopi Kenangan), Kayak mantan gue nih (rasanya) manis di depan, pahit di belakang. Ya kayak gitu lah contohnya, jelas Edward.

Baca juga :