346 Rumah di Kepulauan Selayar Rusak Akibat Gempa NTT

Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan 346 rumah di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel)
Rabu, 15 Des 2021 09:25 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Jakarta, Jurnal Jabar Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 di Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebabkan 346 rumah di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) rusak. Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan sebanyak 134 rumah rusak berat sementara 212 lainnya rusak ringan.

Selain itu, ada tiga unit gedung sekolah, dua tempat ibadah, satu rumah jabatan kepala desa dan satu pelabuhan rakyat juga terdampak gempa bumi yang berpusat di 7.59 Lintang Selatan dan 122.24 Bujur Timur, kata Muhari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/12).

Muhari menjelaskan, Kabupaten Kepualauan Selayar menjadi wilayah dengan kerusakan paling parah akibat gempa NTT. Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, hingga hari ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. Namun, ada korban luka yang dilaporkan sebanyak tujuh orang.

Di sisi lain, menurut laporan dari BPBD Kabupaten Sikka, terdapat 770 warga mengungsi. Adapun rinciannya, sebanyak 320 orang mengungsi di Kantor DPRD Kabupaten Sikka, 150 orang di Gedung SIC dan 330 lainnya di Aula Rumah Jabatan Bupati Sikka di NTT.

Dari keseluruhan data akumulasi sementara, gempa bumi magnitudi 7,4 telah dirasakan dan berdampak pada sembilan kabupaten di Provinsi NTT, tiga kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan dan enam kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca juga :