Brimob Siapkan 2500 Satgas Opsus untuk Tanggulangi Bencana

Jumlah tersebut belum termasuk personel yang disiapkan di masing-masing polda.
Senin, 16 Des 2019 14:26 WIB Author - Rina Suci

DEPOK - Wakil Komandan Korp Brimob, Brigadir Jenderal Abdul Rakhman Baso, mengatakan pihaknya menerjunkan sebanyak 2500 personel yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasional Kepolisian Terpusat (Satgas Opspus) Aman Nusa II 2019, untuk disiapkan menanggulangi bencana.

Rakhman pada apel gelar pasukan Aman Nusa II 2019 di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (16/12), menyebutkan jumlah tersebut belum termasuk personel yang disiapkan di masing-masing polda.

Anggota kepolisian tersebut, katanya, siap dikerahkan apabila terjadi bencana alam maupun konflik sosial di berbagai daerah.

Dalam Satgas Opsus tersebut, jajaran Polri bekerja sama dengan sejumlah pihak, seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta TNI.

Apabila membutuhkan perkuatan ke depannya, apabila terjadi kontijensi, apakah kontijensi konflik sosial, kontijensi bencana alam dan sebagainya, kami siap untuk back up wilayah bersinergi dengan teman-teman dari TNI, ucap Rakhman.

Baca juga :