Hardiknas membangun SDM unggul Indonesia

Perguruan tinggi diminta mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang kompetitif, inovatif dan berkarakter.
Kamis, 02 Mei 2019 19:20 WIB Author - Rina Suci

Depok - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei juga menjadi agenda utama Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi perlu terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang kompetitif, inovatif dan berkarakter agar dapat bersaing di tingkat dunia.

Pembangunan pendidikan berkualitas merupakan salah satu target pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) untuk mendorong kesejahteraan semua kalangan, ujar Menristekdikti saat peringatan Hardiknas di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis.

Langkah yang perlu dilakukan yakni dengan membangun SDM berkualitas serta penduduk berusia muda dan dewasa memiliki pengetahuan dan kemampuan yang relevan, baik itu kemampuan vokasi maupun teknis.

Menteri Nasir menjelaskan pendidikan merupakan kunci kemajuan sebuah bangsa dalam rangka menghasilkan SDM yang kompetitif, inovatif dan berkarakter. Oleh sebab itu pendidikan harus berkualitas dan mudah diakses masyarakat dari semua latar belakang.

Baca juga :