IPB: Pertanian Sehat Gunakan Bakteri Baik

Pemanfaatan mikroba baik dari Taman Nasional Gunung Cermai (TNGC) Jawa Barat, hasil eksplorasi KSDAE KLHK mendukung pertanian sehat.
Senin, 01 Jul 2019 18:53 WIB Author - Rina Suci

JAKARTA - Pemanfaatan mikroba baik dari Taman Nasional Gunung Cermai (TNGC) Jawa Barat, hasil eksplorasi Tim Departemen Proteksi Tanaman IPB dan Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam Ekosistem (KSDAE) KLHK, akan mendukung terwujudnya pertanian sehat.

Pertanian sehat itu pertanian yang ramah lingkungan, salah satunya penggunaan bakteri baik dalam pertanian, kata Ketua Departemen Proteksi Tanaman IPB Dr Suryo Wiyono, Senin (1/7).

Suryo mengatakan, ada tiga kelompok mikroorganisme alami hasil ekplorasi tim dari Proteksi Tanaman IPB, dibantu petugas Pengelola Ekosistem Hutan (PEH) dari TNGC yang saat ini tengah didiseminasikan.

Tiga kelompok mikroba baik atau bermanfaat itu yakni cendawan patogen wereng dan kutu-kutuan bernama Hirsutella, bakteri perakaran pemicu pertumbuhan atau PGPR serta bakteri kandidat anti frost (embun beku).

Hasil uji coba di laboratorium maupun lapangan, ketiga mikroba ini punya spesifikasi lebih efisien dan adaptif di daerah dataran rendah dan tinggi, kata Suryo.

Baca juga :