Jutaan Keluarga Akan Terima Bansos Bulan Juli

Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mempercepat pencairan bantuan sosial (bansos) pada pekan ini
Senin, 05 Jul 2021 16:44 WIB Author - Lilien Wijayanti

Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mempercepat pencairan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 pekan ini. Hal tersebut disampaikan Presiden kepada Menkeu, Sri Mulyani saat Sidang Kabinet Paripurna di Jakarta, Senin (5/7).

Tadi instruksi Bapak Presiden agar dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini, terutama untuk tadi PKH (Program Keluarga Harapan) untuk dimajukan. Triwulan III ini bisa dibayarkan di Bulan Juli, sehingga bisa membantu masyarakat, ujar Sri Mulyani dikutip dari setkab.go.id.

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya menargetkan 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) bansos PKH pada Juli ini dengan alokasi anggaran Rp28,31 triliun.
Kita berharap target 10 juta dapat tercapai. Masih ada 100 ribu keluarga penerima manfaat yang bisa ditambahkan dari data tahun lalu yang berjumlah 9,9 juta, ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, untuk Kartu Sembako, juga akan dilakukan percepatan penyaluran pada awal Juli 2021 serta pemenuhan target hingga 18,8 juta KPM dengan total alokasi anggaran Rp40,19 triliun. Hingga kuartal II realisasi program ini mencapai Rp17,75 triliun untuk 15,9 juta KPM.

Kita harapkan akan bisa dibayarkan pada awal Juli juga. Tadi Bapak Presiden bahkan meminta minggu ini, ini sekarang yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial, kata Sri Mulyani.

Baca juga :