Kepala BNPT Minta Mahasiswa Punya 'Sense of Crisis'

Kepala BNPT Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. mendorong mahasiswa lebih peka dan miliki 'sense of crisis'.
Jumat, 30 Agst 2019 15:34 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H. mengatakan, mahasiswa yang merupakan calon-calon pemimpin masa depan. Makaharus memiliki kepekaan dan kewaspadaan dalam menanggapi hal-hal yang mengancam dirinya, lingkungannya, bangsa dan negara.

Anak muda, apalagi mahasiswa harus punya sense of crisis, kewaspadaan, perhatikan lingkungan sekitar. Kalian anak muda yang menjadi masa depan bangsa, harus ada naluri kebangsaan. Kalau lihat yang tak lazim, laporkan, kata Suhardi Alius saat memberikan kuliah umum terkait radikalisme, di hadapan ribuan mahasiswa baru Universitas Padjajaran (Unpad) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/8).

Ia mengemukakan, semakin maraknya penyebaran paham radikal dan terorisme di lingkungan kampus harus ditanggapi dengan serius. Tidak hanya oleh pejabat kampus, tetapi juga oleh mahasiswa, terlebih mahasiswa baru yang notabenenya masih awam.

Dia mengatakan, mahasiswa juga harus ikut aktif dalam upaya pencegahan menyebarnya paham-paham radikal dan terorisme.

Salah satunya dengan melakukan kontra narasi, di mana anak muda diharapkan ikut serta dalam menebarkan konten-konten positif di dunia maya.

Baca juga :