Korban Banjir Sintang Terima Bansos dari Jokowi

Presiden Jokowi mengunjungi korban banjir di Kabupaten Sintang dan memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir.
Rabu, 08 Des 2021 22:36 WIB Author - Dela Fahriana Havityaningtyas

Sintang, Jurnal Jabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi korban banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Jokowi mengatakan, pemerintah memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir.

Saya berkunjung untuk meresmikan bandara, meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir, dan menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir, kata Jokowi.

Pada kunjungan ini, Jokowi menjelaskan banjir di Sintang disebabkan dua faktor, yakni hujan ekstrem dan faktor kerusakan lingkungan. Jokowi menilai daerah aliran sungai (DAS) dan wilayah tangkapan air hujan rusak.

Pertama, memang adanya hujan yang ekstrem, tapi yang kedua ini perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan catchment area, daerah tangkapan hujan, tambah Jokowi, yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi memastikan pemerintah akan melakukan penghijauan di sekitar Sungai Melawi dan Sungai Kapuas, membangun persemaian di sekitar DAS, serta penghutanan di daerah hulu.

Baca juga :