LIPI Dukung Pemprov Jabar Percepat Penanggulangan COVID-19

Juga, mewujudkan pembangunan dan riset pengembangan daerah, terutama berbasis ekonomi dan ilmu pengetahuan.
Rabu, 22 Apr 2020 20:52 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mempercepat penanggulangan wabah COVID-19. Juga, mewujudkan pembangunan dan riset pengembangan daerah, terutama berbasis ekonomi dan ilmu pengetahuan.

Inovasi dan kolaborasi yang tertulis dalam visi Pemprov Jabar periode 2018-2023 menjadi kunci dalam pembangunan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia ini, termasuk di tengah pandemi COVID-19, kata Sekretaris Daerah Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja di Bandung, Rabu (22/4).

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Jabar dan LIPI, dilakukan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jabar Tahun 2020. Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jabar Tahun 2021 via video conference.

Setiawan mengatakan kerja sama dengan LIPI sekaligus merupakan wujud antisipatif, proaktif, dan kolaboratif dari Pemda Provinsi Jabar. Terutama dalam memutus rantai penyebaran COVID-19, sekaligus mempercepat penanggulangan pandemi ini khususnya di Jabar.

Dalam pertemuan jarak jauh ini, Ketua LIPI, Laksana Tri Handoko, sementara itu mengatakan bahwa pihaknya terus mengembangkan primer, untuk uji Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam mendeteksi COVID-19.

Baca juga :