Masyarakat Bisa Ajukan Pengaduan Sertifikat Vaksin Lewat Chatbot WhatsApp

"Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi," ujar Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI,Setiaji
Kamis, 11 Nov 2021 10:29 WIB Author - Nadya Angelica

Nasional, Jurnal Jabar Masyarakat yang mengalami permasalahan seputar sertifikat vaksin, kini dapat melakukan pengaduan melalui layanan Chatbot WhatsApp PeduliLindungi dari Kementerian Kesehatan.

Kemkes RI menghadirkan layanan chatbot PeduliLindungi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan sertifikat, status vaksinasi, dan perbaikan info diri, ujar Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan RI Setiaji pada konferensi pers Peluncuran Chatbot Whatsapp PeduliLindungi secara virtual, Rabu (10/11).

Chatbot adalah layanan obrolan yang berbasis kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligent). Layanan ini menjadi perantara penghubung penyedia layanan dan pelanggan sehingga mampu menjawab pertanyaan umum yang diajukan.

Masyarakat dapat mengakses layanan ini dengan menghubungi nomor 081110500567. Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji menjelaskan dalam fitur Chatbot tersebut akan terdapat tiga menu utama yang dapat digunakan masyarakat secara cepat yaitu Download sertifikat vaksin, Status vaksin dan Ubah info diri.

Masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan Chatbot tersebut dengan memilih layanan yang disebutkan tadi. Dan kemudian setelah itu akan muncul percakapan secara interaktif dan ini dilakukan secara sistem, ujar Setiaji.

Baca juga :