Mendedah potensi peternakan Indramayu

Potensi Indramayu bukan cuma sebagai lumbung pangan, juga sebagai lumbung protein hewani. Apa misi Pemkab Karawang untuk peternakan di sana?
Jumat, 03 Mei 2019 18:40 WIB Author - Rina Suci

Indramayu Indramayu adalah salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Barat bahkan lumbung pangan nasional. Hingga tahun 2019 ini, kita masih bisa menemukan hamparan sawah yang sangat luas di sisi jalan raya dari arah Jatibarang ke Indramayu.

Bukan hanya potensi sawah sebagai lumbung pagi Jawa Barat, tetapi potensi kelautan yang juga tidak kalah dengan daerah lain. Mengingat topografi Indramayu adalah daerah pesisir di mana hasil lautnya beraneka ragam mulai dari ikan laut, ikan hasil tambak, udang, dan lain sebagainya.

Selain hal tersebut di atas, ternyata Kabupaten Indramayu memiliki potensi untuk berkembang sebagai kawasan peternakan. Bupati Indramayu H. Supendi mengatakan bahwa potensi tersebut menjadi harapan nyata jika semua pihak melakukan kerja keras. Peternakan tersebut bukan lagi menjadi usaha sampingan tetapi usaha pokok yang sangat menguntungkan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Indramayu H. Supendi ketika bertemu dengan para peternak dan melihat langsung kegiatan Kontes Sapi Potong 2019. Kontes ini diselenggarakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu, Rabu (24/04/2019) lalu.

Potensi peternakan Indramayu sangat besar
Supendi menjelaskan, sumber daya alam untuk mendukung program peternakan Kabupaten Indramayu cukup melimpah. Contohnya seperti ketersediaan jerami, hamparan luas kebun tebu, serta banyaknya dedak yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca juga :