Menteri Investasi Pastikan Tesla Bangun Pabrik di Batang Tahun Ini

Bahlil mengatakan, Kabupaten Batang diproyeksikan menjadi pusat kawasan industri besar.
Rabu, 18 Mei 2022 16:48 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Surakarta, Jurnal Jabar Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia memastikan perusahaan Tesla bakal masuk ke Indonesia dan membangun pabrik di Kabupaten Batang tahun ini. Bahlil mengatakan, Kabupaten Batang diproyeksikan menjadi pusat kawasan industri besar.

Batang akan jadi pusat kawasan Industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar, seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insyaallah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain, kata Bahlil usai membuka acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila, Kota Surakarta, Rabu (18/5).

Bahlil mengatakan, pihaknya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan menggencarkan pendekatan dengan Tesla dan Foxconn untuk berinvestasi di Indonesia.

Dulu ketika Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia, karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar. Saya merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Gombalan kita untuk Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia, tuturnya.

Lebih lanjut, Bahlil menegaskan investasi mulai dilakukan tahun ini. Kerja sama dengan Tesla akan dilakukan dalam dua bidang, yakni baterai, dan mobil listrik.

Baca juga :