Pemprov Jabar Siapkan 12 Daerah Otonomi Baru

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemprov Jabar merencanakan persiapan pembentukan 12 daerah otonomi baru. Apa alasannya?
Rabu, 15 Mei 2019 23:10 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) merencanakan persiapan pembentukan 12 daerah otonomi baru, sebagai bagian dari upaya pemerataan pembangunan ke pedesaan.

Kami berupaya melahirkan 12 DOB dengan tujuan untuk lebih memajukan Jawa Barat sesuai visi misi Jabar Juara Lahir Batin. Namun hari ini ada moratorium tapi informasinya akan segera dicabut usai ada peraturan pemerintahnya, papar Wagub Uu seusai menghadiri Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) serta Pengukuhan CEO BUMDes Provinsi Jabar Tahun 2019 di Gedung Sabuga Bandung, Rabu (15/5).

Wagub Uu mengatakan seharusnya jumlah wilayah Provinsi Jabar bisa mencapai 40 kabupaten/kota dan saat ini baru ada 27 kabupaten/kota.

Dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, seharusnya bukan 27 kabupaten/kota tapi 40 kabupaten/kota, sebut Uu.

Selain itu, lanjut Wagub Uu, upaya lain untuk membangun desa agar terjadi pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten/kota oleh Pemprov Jabar ialah dengan melakukan sejumlah inovasi di pedesaan.Progres yang sudah dilakukan saat ini yakni dengan melantik 2.512 CEO Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Baca juga :