Peneliti LIPI Temukan Spesies Katak Baru

Spesies baru itu di anataranya katak tanduk dan kodok wayang.
Selasa, 08 Okt 2019 16:38 WIB Author - Rina Suci

CIBINONG - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengidentifikasi satu spesies baru katak, tiga spesies baru kodok wayang, satu spesies baru cicak, dan satu spesies baru burung.

Peneliti bidang herpetologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Amir Hamidy di Pusat Penelitian Biologi LIPI di Cibinong menjelaskan, spesies katak yang baru diidentifikasi dinamai katak tanduk Kalimantan (Megophrys kalimantanensis).

Tim peneliti dari LIPI, Kyoto University dan Aichi University of Education di Jepang, Institut Teknologi Bandung, serta Universitas Negeri Semarang mendeskripsikan jenis katak baru itu. Temuan mereka dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa vol.4679.

Katak tanduk Kalimantan ditemukan dalam ekspedisi di pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, Bario (Sarawak), dan pegunungan Crocker di Sabah, Malaysia.

Morfologi katak tanduk Kalimantan sangat mirip dengan katak tanduk pinokio (Megophrys nasuta), yang tersebar luas di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Baca juga :