PPKM Mikro dinilai efektif karena libatkan pendekatan sosial

Pemerintah selama ini terus mengevaluasi program penanganan pandemi, sekaligus memastikan tereksekusinya program-program yang tepat.
Jumat, 05 Mar 2021 11:20 WIB Author - Achmad Rizki

Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dinilai sukses di beberapa daerah. Indikatornya antara lain, kasus positif Covid-19 menurun dan jumlah zona merah berkurang.

Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen menilai capaian positif ini karena penerapan PPKM mikro melibatkan banyak kalangan masyarakat.

Nabil melihat pemerintah selama ini terus mengevaluasi program penanganan pandemi, sekaligus memastikan tereksekusinya program-program yang tepat.

Pemerintah menjalakan PPKM dengan pelibatan pendekatan sosial. Artinya, ada kebijakan dari pemerintah, ada juga pemanfaatan atau memaksimalkan inovasi dari warga, kata Nabil kepada wartawan, Kamis (4/3).

Dalam konteks pendekatan sosial, lanjut dia, misalnya pemerintah menggandeng Ormas Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, hingga pesantren serta ormas sosial yang punya komitmen kuat untuk ke-Indonesia-an.

Baca juga :