Prajurit dari 18 Negara Latihan Bersama di Sentul

500 personel prajurit dari 18 negara, tergabung dalam ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Plus, mengikuti latihan bersama di Sentul.
Senin, 16 Sep 2019 14:27 WIB Author - Rina Suci

BOGOR - Sebanyak 500 personel prajurit dari 18 negara yang tergabung dalam ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Plus, mengikuti latihan bersama di Pusat Perdamaian dan Keamanan Indonesia, atau Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Bogor, Jawa Barat, yang berlangsung hingga 21 September 2019.

Saya sangat gembira dan menyambut baik diselenggarakan latihan bersama ini. Latihan ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya perang dan untuk mengatasi kemungkinan bencana akibat perang saat ini, kata Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, saat membuka latihan bersama ADMM Plus Expert Working Group on Peacekeeping Operations (EWG on PKO), di IPSC, Sentul, Bogor, Senin (16/9).

Menurutnya, latihan ini juga memiliki nilai yang sangat strategis guna mencari kesamaan pandangan di dalam menghadapi persoalan dan tantangan bersama, yang pada gilirannya dapat mengganggu stabilitas dan keamanan di kawasan.

Purnawirawan Jenderal bintang empat ini mengatakan, latihan militer bersama yang digelar saat ini merupakan puncak yang melibatkan pasukan perdamaian (Peacekeeping), dan pasukan pembersih ranjau dari 18 negara.

Latihan militer bersama ini juga merupakan latihan besar yang pernah dilaksanakan oleh seluruh angkatan bersenjata negara-negara di ASEAN dan 8 negara mitrawicara. Jumlah personel yang terlibat lebih dari 500 orang, baik dari peserta, pelatih maupun pendukung penyelenggaraan latihan, ungkap Ryamizard.

Baca juga :