Revitalisasi Kalimalang, Perpaduan Budaya Bekasi dan Korsel

Proyek pembangunan area publik Sungai Kalimalang akan mengolaborasikan konsep kebudayaan Bekasi dengan Sungai Cheyonggyecheon Korea Selatan.
Kamis, 18 Okt 2018 01:34 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BEKASI - Proyek pembangunan area publik Sungai Kalimalang akan mengolaborasikan konsep kebudayaan Bekasi dengan Sungai Cheyonggyecheon, Korea Selatan (Kosel). Gagasan tersebut digagas langsung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi Arif Maulana mengatakan, meskipun ide pemprov, proyek revitalisasi Kalimalang tetap membuka ruang Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk memberikan masukan.

Konsep utamanya ruang publik yang akan menjadi tempat berkumpul masyarakat untuk berinteraksi dan santai, kata Arif di Bekasi, Rabu (17/10).

Arif menambahkan, bentuk sinergitas perencanaan antara Pemprov Jabar dan Pemkot Bekasi meliputi konsep peradaban sungai di Bekasi dengan tata ruang Sungai Cheyonggyecheon di Seoul.

Hasil kajian Pemprov Jabar akan dibuatkan suatu rujukan dari Korea Selatan dan ide kreatif Kota Bekasi terkait peradaban sungai yang menjadi cikal bakal Kota Bekasi menjadi seperti sekarang, katanya.

Baca juga :