Status Gunung Tangkuban Parahu Jadi Waspada

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status level Gunung Tangkuban Parahu menjadi level dua (waspada).
Jumat, 02 Agst 2019 13:18 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikan status level Gunung Tangkuban Parahu menjadi level dua (waspada), setelah sejak Kamis (1/8) terjadi peningkatan aktifitas vulkanik yang signifikan.

Karena ada peningkatan ancaman, maka hari ini tanggal 2 Agustus mulai jam 8 pagi ini, Gunung Tangkuban Parahu dinyatakan statusnya naik dari level 1 normal menjadi level 2 waspada, dengan rekomendasi ancaman daerah bahaya sejauh 1,5 km, kata Kepala PVMBG, Kasbani di Gedung Badan Geologi PVMBG, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (2/8).

Sebelumnya berdasarkan pengamatan PVMBG, sejak Kamis (1/8) malam terjadi sedikitnya empat kali erupsi yang dimulai pukul 20.46 WIB. Dengan adanya peningkatan tersebut, Gunung Tangkuban Parahu memiliki potensi erupsi kembali.

Sejauh ini, erupsi tersebut masih bersifat erupsi freatik, dengan pelepasan uap air yang dapat menyebarkan abu vulkanik.

Sebaran abu masih ada di sekitaran puncak di daerah kawah, tentunya untuk antisipasi masyarakat harus menyiapkan masker jika ada abu vulkanik, kata Kasbani.

Baca juga :