Sukabumi Sebagai Lokomotif Pembangunan Jabar Selatan

Sukabumi diharapkan menjadi lokomotif pembangunan di Jawa Barat bagian selatan. Potensi Sukabumi digadang-gadang oleh legislatif.
Senin, 08 Apr 2019 15:16 WIB Author - Rina Suci

Sukabumi - Kabupaten Sukabumi menjadi lokomotif pembangunan di wilayah selatan Jawa Barat (Jabar), yang terlihat dari makin pesat dan gencarnya pembangunan di daerah ini, baik yang yang dilakukan pemerintah daerah maupun pusat.

Kabupaten Sukabumi mempunyai banyak potensi sumber daya alam, baik yang berkaitan dengan dunia pariwisata, hasil tambang, pertanian, peternakan, dan lain-lain. Dengan potensi ini, pemerintah pusat meliriknya, sehingga gencar melakukan pembangunan, kata Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Dewi Asmara di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, tidak salah jika pemerintah pusat menjadikan kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini sebagai daerah lokomotif pembangunan karena memiliki sumber daya tersebut. Saat ini kehadiran Tol Bocimi dianggap sebagai salah satu pengerek pembangunan di Jabar selatan.

Kemudian pembangunan jalur ganda kereta api jurusan Sukabumi-Bogor dan Bandara Sukabumi sudah masuk dalam tahap pembebasan lahan, serta beberapa pelabuhan untuk menunjang transportasi perikanan.

Semua infrastruktur itu, kata dia, dibangun untuk mengoptimalkan keekonomian hasil bumi Sukabumi, meskipun ada pembangunan infrastruktur yang belum tuntas 100 persen.

Baca juga :