Tiga Penyakit Ini Jadi 'Top Three' di RSUD Kabupaten Bekasi

Pasien gagal jantung kongestif, Tuberculosis (TB) atau flek paru, dan HIV/AIDS menjadi yang tertinggi di RSUD Kabupaten Bekasi.
Senin, 12 Agst 2019 19:00 WIB Author - Rina Suci

CIKARANG, BEKASI - Pasien Congestive Heart Failure (CHF) atau gagal jantung kongestif, Tuberculosis (TB) atau flek paru, dan HIV/AIDS menjadi yang tertinggi di RSUD Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Direktur RSUD Kabupaten Bekasi, Sumarti mengatakan berdasarkan data RSUD Kabupaten Bekasi pada tahun 2018 lalu, pasien rawat jalan gagal jantung kongestif menduduki peringkat pertama dengan jumlah 8.486. Sedangkan TB sebanyak 5.689 dan HIV/AIDS 5.423 orang.

Hingga semester pertama 2019, pasien HIV/AIDS paling banyak dilayani dengan jumlah 3.490 orang. Kemudian gagal jantung kongestif 1.826 pasien dan TB 1.805 pasien, kata Sumarti di Cikarang, Senin (12/8).

Sumarti mengatakan, tiga penyakit tersebut trennya meningkat sejak beberapa tahun lalu. Khususnya penyakit gagal jantung kongestif, inidipicu karena gaya hidup dan pola makan yang salah.

Orang sekarang kan serba ingin instan. Kalau makan ingin yang cepat saji. Itu juga menjadi penyebabnya. Kemudian stres juga bisa menjadi pemicunya, kata Sumarti.

Baca juga :