APBD Jabar 2019 Naik Rp 2 T, Ini 8 Program Prioritas Pemprov

Ridwan Kamil menyampaikan kebijakan belanja daerah dalam APBD tahun anggaran 2019 akan difokuskan di delapan program prioritas pembangunan.
Kamis, 22 Nov 2018 15:37 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) menyampaikan kebijakan belanja daerah dalam APBD tahun anggaran 2019 akan difokuskan didelapan program prioritas pembangunan.

Kedelapan program prioritas pembangunan tersebut meliputi penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemanfaatan modal alam untuk pemantapan ketahanan pangan dan mendorong bisnis pertanian berkelanjutan, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pengembangan industri dan pariwisata.

Selanjutnya, kata dia, peningkatan interkoneksi pusat pertumbuhan dan infrastruktur, peningkatan akses dan kualitas pendidikan rintisan wajib belajar 12 tahun, kesehatan dan pelayanan dasar perumahan, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengendalian pemanfaatan ruang. Termasuk peningkatan modal sosial masyarakat untuk peningkatan daya saing dan penguatan reformasi dan birokrasi.

Belanja daerah 2019 ini diupayakan dengan pengaturan pola pembelanjaan akuntabel, proporsional, efisien dan efektif, kata Emil di Bandung, Kamis (22/11).

Untuk pembiayaan APBD 2019, kata dia, terdapat sisa lebih perhitungan anggaran daerah tahun lalu (Silpa) sebesar Rp2,25 triliun. Selanjutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar juga memberikan penyertaan modal sebesar Rp76,8 miliar kepada Bank BJB.

Baca juga :