Bandung Segera Miliki Tol Dalam Kota, 2021 Diperkirakan Selesai

Masyarakat Bandung segera memiliki tol dalam kota, yakni Pasirkoja-Surapati (Suci) yang akan dikerjakan PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ).
Kamis, 03 Jan 2019 11:13 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

BANDUNG - Masyarakat Bandung, Jawa Barat (Jabar) segera memiliki tol dalam kota, yakni Pasirkoja-Surapati (Suci) yang akan dikerjakan PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ). Namun, publik masih harus bersabar mengingat proyek tol dalam kota Suci masih dalma tahap kajian.

Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta PT CMLJ untuk segera mengkaji secara holistik mulai dari aspek ekonomi, transportasi, pembiayaan, hingga sosial. Menurutny, pengkajian tersbeut penting untuk memastikan proyek tersebut memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk warga.

Ini program tol dalam kota kerja sama dengan Pemprov Jabar karena memang jalan milik provinsi. Kota Bandung mudah-mudahan bisa mendapatkan manfaatnya dengan kehadiran tol tersebut, kata Wali Kota Bandung, Oded di Bandung, Rabu (2/1).

PT CMLJ merupakan konsorsium dari PT Jasa Sarana, PT Wijaya Karya, dan PT Bina Marga. Rencananya, jalan tol tersebut dibangun sepanjang 14,3 kilometer (Km) dari Tol Pasir Koja hingga Jalan Surapati, tepatnya di sekitar kawasan Pusdai. Jalur tersebut dirancang agar mampu mengurai kemacetan di area selatan dan utara Bandung.

Mungkin sekarang dimulai dari sini dulu. Kalau dikatakan butuh atau tidak butuh nanti kan kita membangun tol ini terkoneksi. Nanti perlu waktu. Kalau tidak dimulai, kapan lagi.Terpenting, Kota Bandung bisa dapat manfaat, ujarnya.

Baca juga :