Cegah Banjir, Sungai di Kota Bandung akan Dibersihkan

Upaya mencegah banjir di Kota Bandung sudah dilakukan sejak sekarang.
Kamis, 03 Okt 2019 18:00 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung akan membersihkan sungai dengan mengangkat sedimentasi material yang ada di dasar sungai, dalam upaya mengantisipasi banjir yang kerap terjadi saat musim hujan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebutkan, pengangkatan sedimentasi itu merupakan strategi pertama yang dilakukan sebelum memasuki musim hujan.

Di sungai sudah ada sedimen dan sampah, maka dalam jangka pendek kamiakan membersihkan sungai secara masif sebelum musim hujan tiba. Jadi badan sungai berfungsi optimal, kata Didi di Bandung, Kamis (3/10).

Rencananya, pengangkatan sedimentasi dan pembersihan sungai akan dilakukan oleh tim dari Pemkot Bandung yang berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

Sampai tanggal 5 Oktober, OPD membuat jadwal dan di mana lokasinya. Serentak tiap hari dari 9 sampai 31 Oktober. Personil DPU sekitar 360 orang, kecamatan kalau kamihitung perkelurahan 10 jadi sekitar 1.500, jadi unsur pemerintahan sekitar 2.000, jelas Didi.

Baca juga :