Darat Sudah Dikapling, Saatnya Pemprov Jabar Gali Potensi Laut

Kewenangan pengelolaan laut di wilayah teritorial 12 mil di Jabar tidak hanya berbicara tentang perikanan.
Minggu, 30 Des 2018 10:33 WIB Author - Fathor Rasi

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharap mampu memaksimalkan potensi laut yang dimiliki dengan kewenangan atas pengelolaan laut pada wilayah teritorial 12 mil yang berada di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 573 Samudra Indonesia dan WPP 712 Laut Jawa.

Sampai sejauh ini, bicara jangka panjang Jawa Barat yakni menjadi provinsi termaju di Indonesia. Salah satu potensi terbesar di Jabar sekarang adalah laut, kami punya wilayah 12 mil, kata Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapeperda) Jawa Barat R Yunandar Eka Perwira, di Bandung, Minggu (30/12).

Ia mengatakan kewenangan pengelolaan laut di wilayah teritorial 12 mil ini tidak hanya berbicara tentang perikanan, namun juga ada potensi energi terbarukan, garam, sektor pariwisata hingga perhubungan.

Termasuk kita harus bicara bagaimana menjadikan lautan ini menjadi daratan yang baru. Sebagai contoh, di Belanda, mereka sudah bisa berternak sapi di atas laut. Nah, artinya potensi itu harus mulai dieksplorasi dari sekarang dalam bentuk riset, pilot project, dan lain-lain, ujarnya.

Menurut Yunandar, perlu dukungan luar biasa dari berbagai pihak seperti sumber daya manusia, anggaran, teknologi atau ilmu pengetahuan hingga penelitian.

Baca juga :