Dentuman Misterius Tak Terkait Erupsi Anak Krakatau

Hingga siang ini kondisi perairan di wilayah selatan masih aman.
Minggu, 30 Des 2018 16:34 WIB Author - Fathor Rasi

Cianjur-Sekretaris BPBD Cianjur, Jawa Barat, Sugeng Supriyatno memastikan dentuman yang terjadi sejak 23 Desember lalutidak berpotensi bencana dan tidak terkait dengan tsunami yang akan melanda sejumlah wilayah di selatan.

Ini tidak ada kaitan dengan dampak erupsi Gunung Anak Krakatau dengan apa yang terjadi di Cianjur selatan. Meskipun potensi tsunami di Cianjur tetap ada karena ada sesar Lembang dan Cimandiri makanya selatan berpotensi, kata Sekretaris BPBD Cianjur Sugeng Supriyatno, Minggu (30/12).

Pihaknya juga memastikan suara dentuman misterius itu tidak lagi terdengar, meskipun hingga saat ini belum ada kepastian sumber suara tersebut.

Diperkirakan dentuman merupakan fenomena alam yang tidak ada kaitannya dengan terjadinya sejumlah bencana alam, termasuk dengan Gunung Anak Krakatau yang aktif, jelasnya.

Hingga siang ini, tambah dia, kondisi perairan di wilayah selatan masih aman, namun warga harus tetap waspada dengan fenomena gelombang tinggi, banjir rob dan terjadinya angin barat pada Desember hingga Februari.

Baca juga :