Entaskan Stunting, Pemkab Purwakarta Produksi Padi Nutri Zinc

Program ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden RI untuk mengentaskan stunting mewujudkan Indonesia Emas 2045.
Selasa, 18 Jul 2023 16:20 WIB Author - Imron Mustofa

Kabupaten Purwakarta, Jurnal Jabar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta tengah fokus mengentaskan stunting, salah satunya dengan menyediakan pangan berkualitas melalui penanaman padi varietas Inpari IR Nutri Zinc. Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan program ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden RI kepada para kepala daerah untuk mengentaskan stunting mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Presiden meminta semua kepala daerah untuk fokus dan bersungguh-sungguh mengentaskan stunting. Perintah itu kita tindak lanjuti dengan salah satunya adalah ikut memproduksi beras kualitas tinggi untuk dikonsumsi bagi para penderita stunting, kata Anne dikutip dari purwakarta.go.id, Selasa (18/7).

Anne menambahkan, pemkab telah menyiapkan lahan 2.425 hektare untuk ditanami beras Nutri Zing. Areal ini tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Purwakarta.

Semua wilayah itu telah dipersiapkan dengan matang oleh jajaran Dispangtan Purwakarta. Wilayah itu menjadi daerah yang paling awal dalam program memproduksi beras Nutri Zinc, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, Sri Midan Jaya menyatakan pihaknya telah menyiapkan lahan untuk penanaman padi tersebut sejak 2020. Adapun persawahan yang disiapkan sudah melalui observasi intensif jajarannya.

Baca juga :