Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Abu Setinggi 200 Meter

Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di wilayah Kabupaten Subang mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) pukul 15.48 WIB. 
Jumat, 26 Jul 2019 18:12 WIB Author - Rina Suci

SUBANG - Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di wilayah Kabupaten Subang mengalami erupsi, pada Jumat (26/7) pukul 15.48 WIB.

Suasana mencekam tampak di beberapa video amatir yang viral, pengunjung tampak berlarian dan meneriakkan kalimat Takbir. Dilansir dari Antara, ketinggian kolom abu erupsi teramati kurang lebih 200 m di atas permukaan laut.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut ini terakhir aktif pada 2013. Penjelasan dari Wikipedia, jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur. Sedangkan mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang dan mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Seperti dikutip dari Inews.id bahwa dari data Pos Pengamatan Gunungapi Tangkuban Parahu KESDM, Badan Geologi PVMBG, erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi sekitar 5 menit 30 detik.

Meskipun mengalami erupsi, PVMBG menetapkan saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal).

Baca juga :