Inspeksi PLTA Cikalong, Tirta Wening Kena Imbasnya

Sebanyak 58 Kecamatan di Kota Bandung, diprediksi mengalami hambatan distribusi air dari PDAM. Mengapa?
Rabu, 10 Jul 2019 20:00 WIB Author - Rina Suci

BANDUNG - Sebanyak 58 Kecamatan di Kota Bandung, diprediksi mengalami hambatan distribusi air dari PDAM. Sebagai imbas dari perbaikan atau inspeksi yang dilakukan di PLTA Cikalong, Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Sub Bidang Hubungan Masyarakat PDAM Tirta Wening, Muhammad Indra Pribadi mengatakan, perbaikan PLTA Cikalong tersebut akan berimbas pada Tirta Wening. Pasalnya, pihaknya memanfaatkan air baku yang dihasilkan oleh PLTA tersebut.

Karena kami memanfaatkan air baku hasil dari pengolahan dari PLTA Cikalong, jadi air limpasan lah namanya. Kalau PLTA Cikalong tidak berproduksi ya berarti tidak ada air yang keluar, kata Indra di Kantor PDAM Tirta Wening, Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Rabu (10/7).

Air limpasan PLTA Cikalong mengalir dengan jarak 32 Km, hingga Insatalasi Pengolahan Air (IPA) Badak Singa di Kota Bandung. IPA Badak Singa, kata Indra, merupakan alat raksasa yang dapat mengolah air, dan mengalirkan 1.800 meter kubik air per detik.

Namun menurutnya, selama aktivitas inspeksi di PLTA Cikalong sedang dilakukan, IPA Badak Singa tidak dapat bekerja secara optimal.

Baca juga :