Manggis Asal Sukabumi Jadi Langganan Ekspor ke China

Buah manggis asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) menjadi langganan ekspor ke China mengalahkan beberapa negara di Asia Tenggara.
Rabu, 23 Jan 2019 12:55 WIB Author - Achmad Syukron Fadillah

SUKABUMI - Buah manggis asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) menjadi langganan ekspor ke China mengalahkan beberapa negara di Asia Tenggara (ASEAN). Kualitas manggis asal Sukabumi dinilai lebih baik dibandingkan dari negara lain.

Kepala Desa Cibolang Pepen Supendi mengatakan, khusus saat musim panen seperti saat ini, rata-rata sebanyak 10-15 ton manggis per hari diekspor ke China. Bahkan jumlah tersebut bakal meningkat saat puncak musim panen.

Sukabumi mempunyai beberapa sentra manggis seperti di Kecamatan Cikembar, Cicantayan dan Gunungguruh. Untuk di Kecamatan Gunungguruh, Desa Cibolang menjadi sentra produksi manggis yang mayoritas diekspor ke China, kata Pepen di Sukabumi, Rabu (23/1).

Selama ini, kata dia, permintaan ekspor dari China selalu tidak terbatas. Artinya, berapapun manggis yang dikirim bakal diterima. Kondisi tersebut juga dipengaruhi perayaan Imlek.

China menjadi salah satu negara paling banyak meminta pasokan manggis dari Sukabumi karena dinilai menjadi buah yang terbaik untuk sesaji.

Baca juga :