Ridwan Kamil Optimis Sodetan Cisangkuy Kurangi Banjir di Bandung Selatan

"Ini bisa mengurangi yang biasanya 370 hektar di Dayeuhkolot insyaallah tahun depan sudah berkurang tinggal 70-an hektare," kata Ridwan.
Rabu, 24 Nov 2021 15:18 WIB Author - Kartiko Bramantyo Dwi Putro

Bandung, Jurnal Jabar Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, optimis sodetan Cisangkuy mampu mengurangi luasan banjir di Kabupaten Bandung dari 370 hektare menjadi 70 hektare. Ridwan mengatakan, sodetan atau jalan banjir Cisangkuy dibangun sebagai infrastruktur pengendali banjir di wilayah selatan Kabupaten Bandung.

Ini bisa mengurangi yang biasanya 370 hektar di Dayeuhkolot insyaallah tahun depan sudah berkurang tinggal 70-an hektare, kata Ridwan saat meninjau sodetan Cisangkuy, Senin (22/11).

Ridwan menjelaskan, sodetan Cisangkuy sepanjang 1,7 kilometer dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Aliran sungai dibelokkan menjauhi permukiman warga yang kemudian akan bertemu dengan Sungai Citarum. Sodetan ini melengkapi pembangunan kolam retensi Cieunteung dan Andir yang ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Mudah-mudahan berita baik hadir di wilayah yang biasanya tergenang, ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ridwan sempat bertanya kepada warga dan mendapat keterangan saat ini ketinggian banjir sudah mulai berkurang dan cepat surut.

Baca juga :