Tertimbun Longsor di Tambang Pasir, Jasad Korban Masih Dicari

Tim gabungan masih terkendala dengan tingginya air dan lumpur yang menimbun korban.
Selasa, 03 Des 2019 15:24 WIB Author - Rina Suci

CIANJUR - Tim gabungan masih melakukan pencarian jasad Saeful alias Eful, operator alat pengolahan tambang pasir yang menjadi korban tertimbun longsor di areal tambang milik PT Triadi di Kampung Awi Larangan, Desa Cikahuripan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Memasuki hari kedua pencarian, tim gabungan BPBD, SAR, kepolisian, dan TNI masih terkendala dengan tingginya air dan lumpur yang menimbun korban, sehingga rencananya akan menggunakan alat penyedot air, kata Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sofyan di Cianjur, Selasa (3/12).

Ia menjelaskan, kondisi kolam galian yang tertutup genangan air dan lumpur, membuat petugas kesulitan untuk melakukan pencarian secara manual atau menyelam. Sebab, rentan terhadap keselamatan anggota tim.

Pencarian hari pertama dilakukan hingga malam menjelang dan tidak membuahkan hasil, sehingga pencarian dihentikan dan pagi tadi pencarian kembali dilanjutkan, namun belum ada tanda-tanda posisi korban tertimbun, katanya.

Pencarian korban akan dilanjutkan dengan menggunakan alat penyedot air dan lumpur, atau pinton. Harapannya, tubuh korban dapat dengan cepat ditemukan, karena tebalnya lumpur di dasar kolam serta debit air yang tinggi.

Baca juga :